Sunday, August 5, 2018


Diakhir minggu yang lalu, Alhamdulilah saya berkesempatan untuk bisa bersilaturahmi dan sharing pengalaman dalam pengelolaan Laporan Keuangan Koperasi dengan gerakan koperasi di Kota Cimahi.

Kegiatan pelatihan tersebut, dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Cimahi, dalam rangka peningkatan kemampuan gerakan koperasi di kota Cimahi.

Dalam kesempatan tersebut saya menyampaikan beberapa pengalaman saya dalam memahami bagaimana proses akuntansi untuk bisa menyusun laporan keuangan koperasi serta berbagi penggunaan aplikasi akuntansi yang berbasis excel yang saya kembangkan untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan.

Berdasarkan pemahaman saya bahwa Akuntansi itu sangat mudah, janganlah kita membayangkan akuntansi itu sebuah proses yang rumit dan menyulitkan. Pada dasarnya Akuntansi itu hanya matematik sederhana. Kalau kita bisa melakuan penjumlahan dan pengurangan, dan mengelompokan maka pasti bisa akuntansi. Jadi dalam proses akutansi itu kita hanya menjumlahkan atau mengurangi transaksi-transaksi keuangan yang kemudian dikelompokan dalam kategori atau kelompok yang sama setelah itu kita menyajikan sisa dari proses penjumlahan dan pengurangan tersebut dalam format laporan keuangan.

Hal penting yang harus kita lakukan sebelum memulai proses akuntansi adalah kita menyusun dulu daftar perkiraan atau chart of account untuk memudahkan kita ketika melakukan proses pengelompokan agar kita bisa menjumlah dan mengurangi berdasarkan masing-masing kelompok transaksi yang sama dalam suatu periode atau disebut periode akuntansi yang biasanya digunakan tahun taqwim. Jadi proses akuntansi itu sebenarnya mudah hanya menambah, mengurangi, mengelompokan dan menyajikan.




0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!